Susunan rencana bisnis, #episode2
6) Langkah
penerimaan
Berupa masalah yang harus anda selesaikan, apa dan
bagaimana sumber pemasukan? Alangkah baiknya jika anda menentukan lebih dari
satu sumber pemasukan. Misalnya dari pemasukan yang berbentuk pelatihan atau
kursus. Anda dapat mempertimbangkan untuk merencanakan pemasukan dari uang
pelatihan, biaya administrasi anggota, ongkos penginapan, uang buku, uang
pembawa materi dan sebagainya. Kemudian anda menghitung uang pemasukan yang datang
dari setiap pos. Tidak perlu memberi penjelasan yang panjang lebar, kecuali agar
investor dapat membaca daftar proyek anda.
Isilah rencana pemasukan ini yang anda kutip dari daftar
proyek tersebut. Misalnya rencana dari aktivitas 1 = sekian, dari aktivitas 2 =
sekian dan aktivitas 3= sekian rupiah dan seterusnya.
7) langkah pengeluaran
Pada dasarnya pengeluaran terbagi dari dua yakni : ongkos
tetap dan ongkos tidak tetap, ongkos tetap adalah ongkos yang tidak berubah
dari perhitungan jangka waktu tertentu walaupun berubah hanya sedikit perubahan
yang terjadi dan bisa teranalisa. Misalnya gaji karyawan , selama tidak ada
karyawan yang minggat atau karyawan yang diterima maka tidak ada perubahan
ongkos gaji pada setiap bulannya. Ongkos tidak tetap adalah setiap ongkos yang
berubah dalam setiap bulannya dengan kuantitas yang bergerak dengan banyak,
jika ada atau tidak. Misalnya pengeluaran bonus, mencetak hasil produk dan
lain sebagainya.
8) Renacana pemasaran
Terdapat unsur besar dalam pemasaran yang sebaiknya anda
kuasai, dan unsur tersebut meliputi, produk, hasil, tempat dan promosi.
Strategi apa yang dapat terimplamentasi untuk membuat produk memiliki nilai
tambah. Jika produk atau pelatihan yang anda tawarkan maka semua itu harus
berbeda dari pelatihan atau produk yang sudah dikenal.sehingga anda memiliki
peluang untuk memberi harga tinggi. Jika produk yang anda jual berupa dadar
seharga 5000 maka anda dapat menambahkan jus kelapa senilai 2000 sehingga
harganya 7000 yang tentunya berbeda dengan dadar 5000- an.
Persoalan harga, pantas atau tidak tergantung dari
pengorbanan yang dibayarkan terhadap barang yang kita hasilkan. Apakah barang
yang kita ajukan senilai dengan daya jangkau calon pelanggan.
Apakah produk kita cukup terjangkau oleh masyarakat menengah
ataukah masyarakat kebanyakan. Apakah harga yang kita pasok pantas untuk
menutup biaya produk dan dapat menyisakan keuntungan. Persoalan ini dapat
terjawab ketika anda menjadi dari sebuah bisnis.
Tempat yan anda prioritaskan dan sesuai dengan mood pelanggan, yang dapat mendukung
penjualan produk anda?, apakah dekat dengan pantai,perumahan atau pasar
swalayan?
Cara promosi adalah bagaimana sebuah strategi untuk membuat
produk kita lebih laus dikenal, cara unik juga dapat dibuat, misalnya dengan
membuat lembaran – lembaran, menjadi sponsor kegiatan ataukah melakukan
demonstrasi. Produk dadar anda dapat anda posisikan sebagai makanan orang –
orang dari luar negeri.
No comments:
Post a Comment