Sunday 4 August 2013

SUSUNAN RENCANA BISNIS, #EPISODE2

Susunan rencana bisnis, #episode2


6)  Langkah  penerimaan

Berupa masalah yang harus anda selesaikan, apa dan bagaimana sumber pemasukan? Alangkah baiknya jika anda menentukan lebih dari satu sumber pemasukan. Misalnya dari pemasukan yang berbentuk pelatihan atau kursus. Anda dapat mempertimbangkan untuk merencanakan pemasukan dari uang pelatihan, biaya administrasi anggota, ongkos penginapan, uang buku, uang pembawa materi dan sebagainya. Kemudian anda menghitung uang pemasukan yang datang dari setiap pos. Tidak perlu memberi penjelasan yang panjang lebar, kecuali agar investor dapat membaca daftar proyek anda.

Isilah rencana pemasukan ini yang anda kutip dari daftar proyek tersebut. Misalnya rencana dari aktivitas 1 = sekian, dari aktivitas 2 = sekian dan aktivitas 3= sekian rupiah dan seterusnya.

7) langkah pengeluaran

Pada dasarnya pengeluaran terbagi dari dua yakni : ongkos tetap dan ongkos tidak tetap, ongkos tetap adalah ongkos yang tidak berubah dari perhitungan jangka waktu tertentu walaupun berubah hanya sedikit perubahan yang terjadi dan bisa teranalisa. Misalnya gaji karyawan , selama tidak ada karyawan yang minggat atau karyawan yang diterima maka tidak ada perubahan ongkos gaji pada setiap bulannya. Ongkos tidak tetap adalah setiap ongkos yang berubah dalam setiap bulannya dengan kuantitas yang bergerak dengan banyak, jika ada atau tidak. Misalnya pengeluaran bonus, mencetak hasil produk dan lain sebagainya.

8) Renacana pemasaran

Terdapat unsur besar dalam pemasaran yang sebaiknya anda kuasai, dan unsur tersebut meliputi, produk, hasil, tempat dan promosi. Strategi apa yang dapat terimplamentasi untuk membuat produk memiliki nilai tambah. Jika produk atau pelatihan yang anda tawarkan maka semua itu harus berbeda dari pelatihan atau produk yang sudah dikenal.sehingga anda memiliki peluang untuk memberi harga tinggi. Jika produk yang anda jual berupa dadar seharga 5000 maka anda dapat menambahkan jus kelapa senilai 2000 sehingga harganya 7000 yang tentunya berbeda dengan dadar 5000- an.

Persoalan harga, pantas atau tidak tergantung dari pengorbanan yang dibayarkan terhadap barang yang kita hasilkan. Apakah barang yang kita ajukan senilai dengan daya jangkau calon pelanggan.
Apakah produk kita cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ataukah masyarakat kebanyakan. Apakah harga yang kita pasok pantas untuk menutup biaya produk dan dapat menyisakan keuntungan. Persoalan ini dapat terjawab ketika anda menjadi dari sebuah bisnis.

Tempat yan anda prioritaskan dan sesuai  dengan mood pelanggan, yang dapat mendukung penjualan produk anda?, apakah dekat dengan pantai,perumahan atau pasar swalayan?

Cara promosi adalah bagaimana sebuah strategi untuk membuat produk kita lebih laus dikenal, cara unik juga dapat dibuat, misalnya dengan membuat lembaran – lembaran, menjadi sponsor kegiatan ataukah melakukan demonstrasi. Produk dadar anda dapat anda posisikan sebagai makanan orang – orang dari luar negeri.



No comments:

Post a Comment