Sunday 11 August 2013

PUASA SYAWAL

Puasa syawal


 Puasa syawal

Ini dia puasa sunnah yang akan melengkapi puasa ramadhan kita, ibaratnya shalat magrib itu wajib tapi setelahnya ada shalat ba’diah. Jika puasa ramdhan itu wajib maka maka ba’diahnya itu puasa syawal, keduanya saling melengkapi. Dalam konsep sedekah  bahwa siapa yang memberi satu maka akan mendapat balasan sepuluh kali lipat. Dan untuk puasa satu bulan akan mendapat ganjaran sepuluh bulan, untuk melengkapi maka 6 hari dibulan syawal dikali sepuluh maka hasilnya 60 hari sama dengan 2 bulan, itu berarti pelengkap 10 bulan menjadi satu tahun.

Ketika kita gunakan logika terbalik, maka siapa orang yang tidak puasa syawal maka dia menyia –nyiakan  dua bulan pahala. Sesuai dengan pernyataan siapa orang yang mengerjakan sunnah maka dia mendapat pahala, sebenarnya tidak apa apa – apa dalam pengertian tidak mengerjakan sunnah, namun hakikatnya dia orang yang merugi.

Puasa syawal adalah puasa yang diamalkan setelah puasa ramadhan, selama 6 hari. Boleh diamalkan sehari atau lebih setelah perayaan idhul fitri, dan boleh tidak berurutan dalam setiap harinya selama diamalkan dalam bulan syawal.

Bahwa puasa syawal itu tidak lebih atau kurang : dari abu ayyub al anshori, rasulullah bersabda” barang siapa yang berpuasa ramadhan kemudian kemudian berpuasa enam hari dibulan syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164), dari saudah rasulullah SAW bersabda “barang siapa yang berpuasa setelah hari raya idul fitri, maka seperti berpuasa setahun penuh . barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh lipatnya”( HR ibnu majah dan dishohihkan oleh  al albani dalam irwa’ ul gholi)imam nawawi rahimahullah dalam sahih muslim 8/138, “ dalam hadis ini terdapat dalil  yang jelas bagi mashab syafi’i, ahmad, dawud beserta ulama yang sependapat dengannya yaitu puasa enam hari dibulan syawal adalah suatu hal yang dianjurkan.”

Karena itu mari kita berlomba dalam meraih pahala syawal ini, pembaca sekalian kompetisi ini tidak tanggung – tanggung, hadiahnya surga . kemenangannya tidak sementara. Tentunya kita tetap jaga niat demi keridhoan Allah. Hubungan kita sesama manusia dalam beramal ini adalah penggembira atas kebersamaan dalam amal kita masing – masing.

Salam syawal, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuhu....

No comments:

Post a Comment