Saturday 27 July 2013

A.S.I.K

A.S.I.K

A.S.I.K
Banyak makna yang tersirat dari kata tersebut diatas, tapi tidak masalah jika saya artikan itu sebagai sebuah singkatan,  A=agar S=supaya I=ingatan K=kuat, jika sudah paham yang saya maksud ,maka saya akan memberi trik-trik agar ingatan anda kuat, namun satu hal yang saya anggap penting untuk anda ketahui, alasan saya memberi trik ini, itu karena tidak jarang kita menjumpai sebuah dilema pada diri kita ketika kita kesal didepan komputer karena lupa kata sandi account aplikasi tertentu yang didaftar dua hari yang lalu. Atau lupa dimana tempat menyimpan barang yang kita letakkan beberapa hari yang lalu.


Memang suatu kenyataan yang sulit namun menarik untuk kita bahas bahwa manusia pada umumnya 90% lupa terhadap informasi yang pernah ia dapati setelah satu bulan, dan sebagiannya lagi akan hilang hanya dalam beberapa jam saja. Itulah manusia tempatnya salah dan lupa.berikut trik yang dapat digunakan oleh mahasiswa atau santri hafidz, ustadz dengan materinya ataupun anda yang baca – baca saja.

1)      Catatlah pokok informasi menarik setiap saat yang anda ketahui, dalam diary ataukah lembaran kertas, bisa juga pada buku tulis, suka – suka anda. Asalkan jangan dibuku orang lain.

2)      Ingatan jauh lebih kuat jika dipengaruhi faktor emosi. Contoh: Anda tentu masih ingat apa yang anda buat ketika mendengar kabar, bahwa ustadz al jefri meninggal dunia. So, ikatkan emosi anda dengan fikiran anda.


3)      Mengulang –ulang informasi  yang kita baru ketahui, bisa dalam waktu beberapa detik, apa itu lewat perkataan ataupun diangkat dalam dialog dengan teman sejawat. Semakin sering mengulang semakin besar daya ingat, apalagi ketika memberi rentang setiap kali mengulang. Lebih baik mengulang informasi untuk diingat beberapa kali dalam satu hari dibanding beberapa kali dalam satu menit. Ulangi untuk mengingat dan ingatlah untuk mengulangi.

4)      Istirahat. Rebahkan diri anda dipembaringan untuk merefresh ingatan anda. Apalagi kalau anda sampai tertidur maka itu lebih baik, karena tidur dapat mengkonsolidasi ingatan seperti udara mengeraskan semen. So, kalau sedang buntu, tidurlah sejenak, disamping itu saat tidur otak kita justru lebih kuat dalam memecahkan masalah atau mengakses informasi. Asal jangan tidur terus kalau puasa, nanti buka puasa tidak ada yang membangunkan, akhirnya Cuma dapat waktu sahur berikutnya, kebanyakan tidur juga menyebabkan cacingan.


5)      Beri batasan pada jumlah informasi yang anda akses. sekian

No comments:

Post a Comment